http://3.bp.blogspot.com/-WH_FEtT_Cvs/USDjPDtErPI/AAAAAAAAAjk/0BNlHdiUu9w/s1600/back+to+top+button.gif Blog Kanuragan Extrem: JURUS TEBAS

Rabu, 12 Mei 2010

JURUS TEBAS


Model Artis : YUNUS BRAHMANA PUTRA (Siswa Angkatan I Seya Buana Tunggal)


SEPOTONG ARTI :

Jurus Tebas atau disebut juga Jurus Potong, Jurus Bacok, dan Jurus Sabet merupakan jurus kembangan dari aliran ilmu jurus di Perguruan Tenaga Dalam secara umum. Jurus ini merupakan jurus serang yang berfungsi untuk mematahkan serangan lawan yang menyerang.

Gerakan sabet = tebas = bacok = potong dapat melumpuhkan lawan. Lawan yang menyerang dengan sekuat tenaganya akan menemui efek yang sangat fatal bila harus berurusan dengan jurus yang satu ini. Itu-pun sangat tergantung pada kemampuan si-pengguna jurus. Bila ia memiliki energi bathin yang sangat besar (power) maka tak ayal lagi sabetan dari gerak jurus tersebut dapat mematahkan tulang-belulangnya.

Oleh karena itu jurus yang satu ini-pun digolongkan sebagai jurus berbahaya dan harus bijaksana dalam penggunaannya di lapangan. Terlebih bila gerak jurus ini telah diisi dengan amalan khusus tertentu dan ajian-ajian ilmu kanuragan.

CARA BERLATIH :

GAMBAR 1 :

1. Pasang kuda-kuda busur panah seperti biasa, salah satu kaki ada di depan sedangkan yang satunya berada di belakang tubuh.

2. Kedua belah telapak tangan terbuka ke atas dan berada di samping pinggang.

3. Pandangan lurus ke arah obyek sasaran jurus.


GAMBAR 2 :

1. Tarik nafas getar, diikuti dengan gerakan mengangkat salah satu telapak tangan sejajar dengan kepala, dengan ujung jari telunjuk menempel di pelipis dekat mata.

2. Gerakan kaki-pun mengikuti keserasian gerak jurus. Kaki yang berada di bagian belakang bergerak menyeret ke arah dekat kaki yang ada di depan tubuh.

3. Tahan nafas dan kunci di solar plexus selama 3-5 hitungan detik.

GAMBAR 3 :

1. Lepas nafas getar, diikuti gerakan menyabetkan = menebaskan telapak tangan yang di angkat dekat pelipis tersebut melingkar tebas depan sejajar pinggang.

2. Kaki belakang yang mendekat kaki yang berada di depan diteruskan bergerak menyeret ke arah depan dengan mantap.

3. Ulangi gerakan tersebut dengan bergantian posisi kaki dan tangan yang melakukan tebasan hingga 20 langkah ke depan.

4. Latihlah hingga 7 hari berturut-turut agar cepat mengetahui hasil latihan anda.


PENDALAMAN LATIHAN :

Sebagai bentuk latihan tambahan agar memperoleh tabungan energi gerak jurus ini yaitu pada langkah pertama anda diperbolehkan hanya 1x tarikan nafas dan menguncinya di solar plexus, selanjutnya untuk gerakan kedua dan seterusnya hingga 10-20 langkah ke depan. Anda sudah tidak diperbolehkan untuk menarik nafas lagi.

SELAMAT BERLATIH ...

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...