http://3.bp.blogspot.com/-WH_FEtT_Cvs/USDjPDtErPI/AAAAAAAAAjk/0BNlHdiUu9w/s1600/back+to+top+button.gif Blog Kanuragan Extrem: BELAJAR TANGKISAN DASAR

Kamis, 20 Mei 2010

BELAJAR TANGKISAN DASAR


Model Artis : ARIS ZULAIKHA (Siswa Setya Buana Tunggal Angkatan I)

GORESAN PENA :

Belajar ilmu bela diri jenis apapun tentunya dikenal sebuah istilah yang disebut dengan "Tangkisan". Tangkisan, merupakan upaya gerak pertahanan diri (defensif) dari sebuah serangan lawan yang berupa pukulan maupun tendangan.

Agar serangan lawan tidak dapat mengenai sasaran dengan telak pada diri kita, maka sebagai langkah pembelaan diri dan tujuan me-minimalisir daya serang lawan maka "gerakan tangkisan" sangat dibutuhkan.

Berikut ini merupakan beberapa bentuk rangkaian dari gerakan tangkisan dasar yang apabila dilatih dengan sungguh-sungguh akan melahirkan "daya refleksi" yang sangat ampuh bagi pertahanan diri anda dalam menghadapi serangan lawan yang berniat menyakiti diri anda.

CARA BERLATIH :

Latihan di bawah ini merupakan serangkaian gerakan tangkisan yang wajib dilatih secara utuh dalam 1 kali penarikan nafas dan pelepasannya dalam 1 periode hitungan "Gerakan Tangkisan"
Sebagai kewajiban mula, latihan gerakan tangkisan ini, harus dilatih minimal 20 periode rangkaian gerakannya.Dengan tujuan, disamping anda memiliki kemampuan ilmu Gerakan Tangkisan anda-pun memetik manfaat kedua yaitu mahir dalam gerakan tangkisan yang bersumber dari "inti kekuatan dalam"

1. Pada Gambar 1 :

- Pasang kuda-kuda busur panah, yaitu salah satu kaki berada di depan dan yang satunya lagi di belakang tubuh anda.

- Pusatkan konsentrasi pada latihan ini dengan sungguh-sungguh.

- Kedua tangan bersilangan horizontal di depan dada. Dengan tujuan agar tangan anda mampu membuat gerakan untuk perlindungan diri bagi bagian tubuh bagian atas, sedangkan tangan yang satunya berfungsi untuk perlindungan diri pada bagian tubuh bawah anda

- Lakukan tarikan nafas panjang dan getar lalu diikuti ...

- Gerakan kaki depan yang ditarik secara seret ke arah belakang tubuh anda.

2. Pada Gambar 2 :

- Lepas nafas sentak (cepat) sambil melakukan tangkisan vertikal dari arah dalam ke luar

3. Pada Gambar 3 :

- Lepas nafas sentak (cepat) sambil melakukan tangkisn vertikal lanjutan dari arah luar ke arah dalam tubuh.

4. Pada Gambar 4 :

- Lepas nafas sentak (cepat) sambil melakukan gerakan tangkisan horisontal ke arah atas kepala anda.

5 Pada Gambar 5 :

- Lepas nafas sentak (cepat) diikuti gerakan tangkisan silang bawah = sejajar perut dan solar plexus.

6. Pada Gambar 6 :
- Lepas nafas sentak (cepat) dilanjutkan gerakan tangkisan silang ke arah atas kepala.

- Tarik nafas kembali, dan ulangi gerakan memundurkan kaki secara seret dan melakukan rangkaian bentuk tangkisan secara bergantian tangan dan kaki hingga 20 periode langkah gerakan ke depan.

TAHAP PENDALAMAN :

1. Tahap Pendalaman ke 1 :

- Untuk tahap pendalaman tingkat pertama, yaitu melatih kecepatan gerakan tangkisan anda. Dalam hal ini, setiap gerakan tangkisan dilakukan secara cepat dan akurat teknik-nya agar anda menjadi terbiasa hingga terbentuk reflek gerakan rasa-bathin.

- Kerjakan latihan ini hingga 20x periode gerakan tangkisan.

2. Tahap Pendalaman ke 2 :

- Untuk tahap pendalaman tingkat ke-dua, yaitu melatih gerakan tangkisan hanya 1x tarikan nafas pada gerakan langkah awal. Selanjutnya anda diwajibkan untuk menahan nafas ketika melakukan rangkaian gerakan tangkisan dalam 1 periode gerak tangkis tersebut.

- Kerjakan latihan hingga 20x periode gerakan tangkisan.

3. Tahap Pendalaman ke 3 :

- Gabungkan latihan pendalaman tingkat 1 dan 2, yaitu anda wajib melakukan gerakan tangkisan dengan tuntutan kecepatan dan kemampuan tahan nafas anda.

- Kerjakan hingga 20x periode gerakan tangkisan.


PESAN :

Latihlah dengan penuh ketekunan dan kesabaran. Di dunia ini tak ada yang mudah untuk dapat anda pegang selain anda yang berkeinginan memegangnya.


SELAMAT BERLATIH DENGAN SEMANGAT MAJU TERUS...

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...