http://3.bp.blogspot.com/-WH_FEtT_Cvs/USDjPDtErPI/AAAAAAAAAjk/0BNlHdiUu9w/s1600/back+to+top+button.gif Blog Kanuragan Extrem: BELAJAR RANGKAIAN GERAK SERANG TANGAN I

Minggu, 23 Mei 2010

BELAJAR RANGKAIAN GERAK SERANG TANGAN I


Model Artis :ARIS ZULAIKHA (Siswa Angkatan I Setya Buana Tunggal)

PETIKAN MAKNA :

Belajar Rangkaian Gerak Serang Tangan tidak kalah pentingnya dalam belajar ilmu beladiri jenis apapun. Sebab kegunaan serangan tangan memegang peranan penting dalam beladiri. Sebab, tangan merupakan alat utama dalam membentuk tangkisan dan pukulan balik dari sistem pertahamam dalam ilmu beladiri.

Meskipun daya gempur dan jangkauan tangan tak sebanding dengan daya gempur dan jangkauan kaki, tapi tangan merupakan alat utama (primery tools) yang dimiliki oleh manusia untuk melindungi dirinya (self deffensif) dari berbagai macam serangan pihak lawan

Daya serang tangan sanfat efektif untuk alat perlindungan (tangkisan) apabila telah dilatih sedemikian rupa hingga membentuk reflesifitas dari gerak tangan baik untuk tangkisan, pukulan, bahkan tarikan.

Oleh karena itu, berlatih rangkaian gerak tangan sangatlah penting untuk diutamakan dalam setiap latihan ilmu beladiri.

CARA BERLATIH :

Keseluruhan gambar dalam postingan ini merupakan satu gerak rangkaian yang disebut dengan satu periode gerak. Untuk melatihnya, anda berkewajiban untuk mengulangi Setiap langkah dalam satu periode gerak tersebut hingga sebanyak 20 periode.

1. Pasang kuda-kuda busur panah dengan kedua telapak tangan membentuk sikap sembah di depan dada (gbr 1).

2. Angkat kaki bagian depan anda sebatas lutut sejajar pinggang sambil melakukan tangkapan tangan /kepala lawan oleh salah satu tangan anda yang dijulurkan ke depan (gbr 2).

3.Tarik tangan anda yang menjulur ke depan tersebut (=seolah telah menangkap sasaran serang / obyek) untuk dibawa ke arah tubuh anda masuk ke arah lutut anda yang terangkat ke atas (serangan lutut). Disusul dengan sodokan tangan yang lain ke arah dagu / muka lawan.

Pada gambar 1 hingga 3 berjuluk : "Naga Muncul Kepermukaan Laut"

4. Turunkan kaki yang terangkat ke arah belakang tubuh, diikuti gerakan tangkapan oleh dua telapak tangan anda yang terbuka cengkeram menarik tubuh lawan (Gbr 4).

5. Disusul gerakan menjatuhkan diri ke arah belakang sambil melakukan jejakan kaki ke arah lawan yang ditarik tubuhnya tadi (Gbr 5).

Pada gambar 4 hingga 5 berjuluk : "Naga Menyabetkan Ekor"

6. Lanjutkan dengan gerakan bergulungan = salto bawah di atas tanah. Sebagai langkah menjauhi lawan = membuat jarak bebas (gbr 6)

7. Meliukkan tubuh hingga dapat kembali berdiri dan siaga (gbr 7).

8. Melakukan tangkisan vertikal ke arah bawah sebagai langkah menghindar dari serangan balik lawan yang melakukan pukulan atau tendangan dengan merendahkan miring tubuh condong ke arah beban kaki belakang.

Pada gambar 6 hingga 8 berjuluk : "Naga Menggulung Ombak"

9. Dalam rangkaian gerakan ini anda telah menyelesaikan 1x periode = putaran. Ulangi gerakan anda hingga 20 periode ke depan dengan bergantian posisi tangan dan kaki hingga terbentuk gerakan secara reflek dalam latihan anda.


SELAMAT BERLATIH ....

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...