http://3.bp.blogspot.com/-WH_FEtT_Cvs/USDjPDtErPI/AAAAAAAAAjk/0BNlHdiUu9w/s1600/back+to+top+button.gif Blog Kanuragan Extrem: JURUS BANTINGAN

Rabu, 12 Mei 2010

JURUS BANTINGAN


Model Artis : ARIS ZULAIKHA (Siswa Angkatan I Setya Buana Tunggal)

GORESAN PENA :

Jurus Bantingan pada garis besarnya terdapat di berbagai jenis aliran Perguruan Tenaga Dalam. Karena jurus tersebut merupakan jurus dasar dan menjadi santapan wajib dalam pelatihan gerak jurus sebuah perguruan.

Jurus Bantingan memiliki kegunaan sebagai jurus serang yang berfungsi untuk membanting lawan yang melakukan serangan. Efek bantingan-nya pun sangat tergantung dari penerapan kesempurnaan gerak jurus disamping power yang dimiliki penggunanya.
Semakin besar daya energi bathin si-pengguna, maka efek bantingan dari gerak jurus ini-pun sangat membahayakan.

Lawan yang terimbas gerak Jurus Bantingan ini seakan-akan dirinya dibanting oleh sebuah kekuatan ghaib yang tak tampak oleh pandangan mata biasa.Sedangkan dalam skala energi sedang, gerak jurus ini hanya berfungsi untuk meredam gerakan lawan yang melakukan penyerangan dalam bentuk penguncian ke arah bawah pada tubuh lawan sehingga akan jatuh tersungkur di buatnya.

CARA BERLATIH :

GAMBAR 1 :

1. Pasang kuda-kuda busur panah, dimana salah satu kaki anda berada di depan dan di belakang tubuh.

2. Kedua telapak tangan terjulur ke arah depan sejajar dada anda dengan posisi telapak tangan menghadap ke arah bumi = tanah.

3. Pandangan mata tajam ke arah obyek yang akan datang dari arah depan.


GAMBAR 2 :

1. Tarik nafas getar diikuti dengan gerakan menarik kedua telapak tangan ke arah kepala sejajar dengan telinga (Sikap Takbir) dengan posisi telapak menghadap ke arah depan.

2. Seiring dengan itu, gerakkan kaki bagian belakang untuk melangkah seret mendekati kaki yang ada di depan tubuh.

3. Kunci pernafasan anda di solar plexus hingga 3-5 hitungan detik.

GAMBAR 3 :

1. Lepas nafas getar diikuti dengan gerakan kedua telapak tangan membanting ke arah depan bawah.

2. Kaki belakang yang bergerak seret dekat kaki depan diteruskan bergerak ke arah depan dengan langkah seret.

3. Ulangi gerakan tersebut hingga 20 langkah ke depan dengan saling bergantian posisi kaki yang berada di depan dan belakang tubuh.

4. Latihan ini dapat dibuktikan keampuhannya bila sudah dilatih kurang lebih 7 hari berturut-turut.


TINGKAT PENDALAMAN :

Pada gerakakan pertama tarik nafas getar dan simpan di solar plexus dan dilanjutkan gerakan bantingan tanpa harus mengeluarkan pernafasan. Begitu seterusnya hingga 10-20 langkah ke depan.

Jurus ini akan memiliki daya yang menakutkan bila dalam penerapannya dilambari dengan ajian kanuragan seperti : Aji Tinggengan, ajian Tanggul Balik, dan lain-lain.

SELAMAT BERLATIH ...

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...