http://3.bp.blogspot.com/-WH_FEtT_Cvs/USDjPDtErPI/AAAAAAAAAjk/0BNlHdiUu9w/s1600/back+to+top+button.gif Blog Kanuragan Extrem: NAGA DI ATAS AWAN

Selasa, 20 Juli 2010

NAGA DI ATAS AWAN

SERI LATIHAN GERAK JURUS NAGA LANGIT


TRISNANING ATI :

Dalam kesempatan kali ini penulis sajikan sebuah latihan gerak jurus Ilmu Silat Tenaga Dalam cuplikan dari gerak jurus "Naga Langit".Dimana dalam setiap gerakkan dari latihan tersebut mengandung unsur pengolahan tenaga dalam secara murni (fisik).

Adapun metode dalam melatih gerak jurus tersebut hendaknya dilakukan dalam satu kali rangkaian gerak (periode) dan diteruskan hingga 10 sampai 20 gerak rangkaian. Hal ini bertujuan, agar gerak refleksivitas diri anda akan semakin tinggi dan tajam.

Dalam 1 hitungan rangkaian gerak jurus adalah keseluruhan dari gambar /ilustrasi Gerakan 1 sampai 10 jurus seperti contoh di atas dan disebut sebagai 1x periode. Berikutnya, anda harus mengulangi kembali rangkaian gerak jurus dari gambar 1 sampai 10 (melakukan gerakan jurus secara keseluruhan). Begitu seterusnya hingga anda mampu menyelesaikan 10 - 20 periode/rangkaian gerak dalam melatih "Gerak Jurus Naga Langit" tersebut.

Untuk tata pernafasan dalam latihan gerak jurus ini hanya menonjolkan bentuk pernafasan tarik dan lepas saja. sedangkan Pernafasan tahan, dapat dilakukan secara tersembunyi dari setiap perubahan gerak jurusnya.

GERAKAN PERTAMA BERJULUK : NAGA DI ATAS AWAN

1. Berdiri tegak dengan membuka kedua belah kaki

2. Pandangan mata lurus ke arah depan

3. Kedua telapak tangan di silangkan di depan dada

4. Tenangkan bathin dan pusatkan pada latihan gerak jurus tersebut secara sungguh-sungguh.

5. Lakukan beberapa kali penarikan nafas secara normal dan berirama : Tarik - Tahan - Lepas hingga 3-5 kali.

6. Tarik pernafasan getar untuk kali terakhir secara dalam sambil dalam bathin anda mengucapkan bacaan : "BISMILLAHIR RAHMANIR RAHIIM ..."

HAKEKAT GERAK JURUS :

1. Sikap terbuka, obyektif terhadap segala macam pembaruan dan perubahan

2. Tetapi tetap mawas diri, waspada, penuh kesiap-siagaan

3. Hanya berserah diri pada Yang Maha Kuasa yang mampu melepaskan diri anda dari berbagai macam bentuk ancaman, tantangan, hambatan, gangguan di dalam mengarungi kehidupan ini.

GERAKAN BERIKUT ....

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...